Arti Sebuah hidup

Banyak orang yang merasa cuek atau tidak peduli dengan persiapan pensiunnya. Kalau Anda berumur 25-35 tahun, biasanya Anda sama sekali tidak memikirkan untuk mempersiapkan Masa Pensiun. Buat sebagian orang, mempersiapkan masa pensiun adalah hal yang sama sekali tidak menyenangkan.

Tapi tahukah anda, sebuah survey Harvard menyatakan bahwa pada usia 65 tahun, orang terbagi dalam beberapa keadaan sebagai berikut :

35 % meninggal dunia
5 % masih bekerja
4 % pensiun dengan tabungan pas – pasan
55 % miskin ( tergantung pada anak, gelandangan, dll )
1 % kaya
Keadaan manakah yang anda inginkan kelak ketika anda berusia 65 tahun ? Pasti anda akan sependapat dengan saya kalau menjawab ingin masuk dalam kelompok yang 1 %. Sekarang usaha apa yang kita akan lakukan untuk masuk dalam kelompok yang 1 % tersebut ?

Sebelum kita memilih usaha apa yg bisa dilakukan, sebaiknya anda tahu profesi apa saja bisa memungkinkan seseorang masuk ke dalam kelompok 1 % diatas. Ternyata, pada sebuah survey yang telah dilakukan, profesi yang dapat membuat orang menjadi kaya adalah berasal dari:

10 % CEO, Top manager
10 % dokter ahli, pengacara, artis ( profesional yang sukses )
5 % sales asuransi, sales rumah
1 % lain – lain ( lotre, judi, undian )
74 % bisnis ( pemilik usaha )
Dilihat dari perbandingan prosentasenya, ternyata berbisnis adalah peluang terbesar dalam menjadi bagian 1 %, mengapa? Karena profesi ini tidak memerlukan keahlian khusus untuk kebanyakan orang.

Kini anda sudah tahu bisnis adalah profesi yang paling besar kemungkinan bagi kebanyakan orang untuk bisa masuk dalam kelompok orang kaya di usia 65 tahun. Pertanyaan selanjutnya adalah bisnis apa yang bisa dilakukan. Untuk menjawab itu, yang lebih dulu diketahui adalah apa itu Bisnis ?
Bisnis adalah bukan sekedar jual produk / jasa tetapi ditambah dengan SISTEM. Walaupun produk/jasanya berkualitas tetapi bila hanya mengandalkan produk/jasa tersebut, maka untuk mendapatkan hasil yang besar tetap diperlukan modal yang besar pula.

Bagaimana cara memiliki SISTEM ? Menurut pakar bisnis Robert T. Kiyosaki ada 3 cara sbb:

1. Membuat sendiri ( misalnya perusahaan besar: modal > Rp. 1 Triliun )

2. Membeli Franchise ( misalnya KFC, PIZZA HUT: modal > Rp.500 juta )

3. Bergabung di Personal Franchice / NETWORK MARKETING ( Modal ± Rp. 60.000 )

Bila anda saat ini berkeinginan memiliki bisnis, sistem mana yang akan anda pilih? Sistem yang membutuh kan modal besar atau modal kecil? Anda pasti tahu kalau kita menanamkan modal yang besar pastilah resiko kerugian yang akan kita tanggung juga akan besar. Jadi mengapa anda tidak memilih bisnis yang memerlukan modal kecil yang otomatis memiliki resiko kerugian kecil akan tetapi memiliki peluang mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas?

Bisnis adalah suatu proses investasi yang sederhana. Jika begitu sederhananya proses untuk sukses, mengapa tidak banyak orang yang berhasil? Jawabannya persis seperti yang diutarakan oleh Robert T. Kiyosaki dalam bukunya GUIDE TO INVESTING bahwa: “Investasi adalah sebuah rencana yang sederhana, suatu proses menjadi kaya yang sering kali membosankan, tidak menggairahkan, dan nyaris mekanis…“

Manusia cepat bosan dan ingin menemukan sesuatu yang lebih menyenangkan dan menggairahkan. Itu sebabnya HANYA 3 dari 100 orang menjadi kaya. Mereka mulai mengikuti suatu rencana, dan tak lama kemudian mereka bosan. Maka mereka berhenti mengikuti rencana itu dan kemudian mencari kembali cara jitu untuk menjadi kaya dengan cepat. Mereka mengulangi proses kebosanan, kesenangan, dan kebosanan lagi selama sisa hidup mereka. Itu sebabnya mereka tidak menjadi kaya. Mereka tidak mampu menanggung rasa kebosanan akibat mengikuti rencana sederhana yang tidak rumit untuk menjadi kaya. Kebanyakan orang mengira ada suatu daya magis untuk menjadi kaya lewat investasi. Atau mereka mengira jika suatu rencana tidak rumit, maka rencana itu pasti tidak bagus. Percayalah, jika sampai pada masalah investasi, sederhana adalah lebih baik daripada rumit (disadur dari buku GUIDE TO INVESTING – Robert T. Kiyosaki).

Ketika mendapatkan kesempatan bisnis ada 2 golongan orang:

90 % mau menunggu bukti (menunda)
10 % mau menjadi bukti ( bergerak cepat untuk merealisasikannya ).
Dari 2 golongan di atas, mana yang akan sukses? Sudah pasti mereka yang ingin MENJADI BUKTI yang akan sukses! Nah…sebelum Anda berusia 65 tahun, mengapa tidak kita mulai sekarang saja menjadi golongan yang 10%?

Tinggalkan komentar